Langsung ke konten utama

Review Triv VS Indodax

Berbicara mengenai cryptocurrency pasti tidak terlepas dari perusahaan marketplace jual beli aset digital. Mengapa dikatakan aset digital karena di Indonesia kripto belum diakui sebagai mata uang resmi sebagaimana yang tercantum dalam undang-undang mata uang. 

Buat kamu yang masih mengaku anak muda, harusnya tidak asing dengan banyak istilah dalam dunia aset digital kripto ini. Kalau belum banyak tahu, saatnya belajar tentang investasi kripto. Tipikal gen Z yang menggemari teknologi menjadi bekal yang tepat untuk meraih wawasan di bidang jual beli aset kripto.

Sumber gambar: Pexels

Kendati demikian aset digital diakui keberadaannya sebagai sistem finansial alternatif. Ini terbukti banyak platform perdagangan fisik aset kripto diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Kenalan dengan Uniswap

Uniswap adalah proyek aset kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan market capitalization. Diciptakan oleh Hayden Adams, yang terinspirasi untuk membuat protokol melalui pos yang dibuat oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin. Uniswap diciptakan pada tahun 2018 di atas blockchain Ethereum.

Uniswap dirancang untuk memperdagangkan token pada pengguna tanpa dikenakan biaya platform atau perantara. Bisa dikatakan bahwa harga Uniswap ini fluktuatif di platform masing-masing. Sekitar Rp. 85,514 dan Rp. 84,620 per koin Uniswap.

Protokol Uniswap terdesentralisasi, sehingga tidak ada proses listing seperti jenis kripto yang lainnya. Intinya, token ERC-20 dapat diluncurkan selama ada pool likuiditas tersedia bagi pedagang. Akibatnya, Uniswap tidak membebankan biaya listing. Dengan kata lain, protokol Uniswap bertindak sebagai semacam barang publik.

Fyi, ERC-20 adalah standar teknis untuk membuat dan menggunakan token pada blockchain Ethereum (ETH). Sedangkan pool likuiditas merupakan penyedia likuiditas yang disebut dengan liquidity provider (LP). Kamu bisa menjadi LP dengan menyewakan aset kriptomu dalam jaringan yang menggunakan skema AMM ini.

Istilah AMM atau Automated Market Maker adalah robot yang dapat memberikan perbandingan harga antara dua aset. Beberapa menggunakan rumus sederhana seperti Uniswap ini.

Review Triv VS Indodax

cryptocurrency
Diolah dengan Canva


Membandingkan kedua marketplace jual beli aset digital Triv VS Indodax, berikut perbedaan di antara keduanya,

Perusahaan Triv berdiri pada tahun 2014, sementara di tahun yang sama, PT. Indodax sudah mulai beroperasi di bidang perdagangan cryptocurrency di Indonesia. 

Indodax tidak mengenakan biaya dalam proses penjualannya, masih memberlakukan 0%. Sedangkan Triv mengenakan biaya untuk itu. Meski keduanya sama-sama mengenakan pajak penghasilan dan pertambahan nilai.

Indodax saat ini mampu mencapai transaksi harian sebesar Rp. 100 miliar per harinya, di sisi lain Triv belum mempublikasikannya tentang hal ini.

Pertimbangan Memilih Platform Jual Beli Aset Digital

  1. Indodax memiliki layanan yang menguntungkan, kamu dapat membeli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jika merasa sudah saatnya menjual aset kripto, kamu bisa mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan, tidak butuh waktu yang lama.
  2. Biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%, sebagaimana yang dicantumkan di ilustrasi review Triv VS Indodax di atas
  3. Transaksi 24 jam, pastinya menguntungkan kamu dari segi waktu dan efektivitas.


Kesimpulan

Review Triv VS Indodax ini diharapkan memberikan masukan bagi para calon investor kripto, sehingga bisa menjatuhkan pilihan kepada perusahaan jual beli aset kripto yang punya performa lebih baik.

Berinvestasi di dunia kripto sangat diminati generasi muda terutama gen Z yang berusia 20-an. Namun tidak menutup kemungkinan generasi di atasnya, gen X dan Y (milenial), masih tertarik mencoba jual beli aset kripto ini. 

Agar investasi berjalan dengan lancar, yuk belajar tentang uang digital di Indodax. Indodax memiliki kanal edukasi bernama Indodax Academy yang bisa kamu optimalkan untuk belajar bitcoin dan berbagai aset kripto lainnnya. Setelah memiliki wawasan yang memadai, kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi atau pun di mobile Apps yang merupakan Indonesia Crypto Exchange terbesar di Indonesia. Seru, kan!

Salam.

Referensi:

https://indodax.com/market/UNIIDR

https://investasi.kontan.co.id/news/pajak-perdagangan-kripto-begini-kebijakan-di-triv-indodax-dan-tokocrypto

https://www.cermati.com/artikel/uniswap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Pengalaman Jadi Pengawas SNBT 2023

Selasa, 9 Mei 2023 lalu adalah pengalaman pertama kali saya menjadi pengawas Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meski sudah menjadi dosen selama 18 tahun, kemungkinan pihak kampus mengatur giliran tugas pengawasan kepada tiap dosen.  Uniknya saya jadi pengawas di tahun putri sulung juga mengikuti SNBT di tahun ini pula. Jadilah ibu dan anak sama-sama ambil bagian di perhelatan terpenting tahun ini bagi siswa-siswi kelas XII tahun 2023.  Bedanya saya mengawas di Pusat UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) di Universitas Negeri Medan (Unimed). Sementara anak kami ujian di Pusat UTBK di Universitas Sumatera Utara (USU). Saya mengawas hari Selasa, sedangkan Rara ujian keesokan harinya yaitu Rabu, 10 Mei 2023 pada sesi siangnya. Bersyukur juga sih sama-sama dapat sesi siang, soalnya kalau pagi khawatir telat karena harus sampai di lokasi pukul 05.45 WIB atau satu jam sebelum jam mulai yaitu 06.45 WIB peserta memasuki ruang ujian. Perbedaan UTBK SBMPTN dengan SNBT Banyak kekeliruan menyebut

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan