Langsung ke konten utama

Creative Journaling Dan Expressive Writing

Selasa, 4 April 2023 saya menjalankan amanah sebagai narasumber di event Berburu Inspirasi Ramadan Ibu Pembaharu. Bersamaan dengan itu pula nacre (baca: naykur) ketiga berlangsung via Zoom Meeting bersama Buna atau Bunda Rusna Meswari.

Setelah nacre pertama cara mendeteksi respon eror diri bersama Teh Michele, dan nacre dua mengenali bagian diri dengan lintasan pikiran bersama Unda Prita.

Suka banget dengan cara ngomongnya Bunda Una, mewakili gaya dan perasaan kaum hawa yang terkadang suka merajuk manja ini. Terasa dekat bagaikan sahabat. 

Saya baru sempat menonton tayangan Youtube-nya keesokan harinya yaitu hari ini tanggal 5 April 2023.

Banyak hal inspiratif yang saya peroleh dari pemaparan Buna. Salah satunya, bahwa memindahkan pikiran yang ruwet ke dalam jurnal merupakan cara untuk lebih mindful. Yang tersisa di pikiran kita pikiran yang penting-penting saja, berisi skala prioritas.

Hal ini mirip dengan mengenali lintasan pikiran negatif lalu mengubahnya menjadi lintasan pikiran positif sebagaimana yang disampaikan Teh Prita.

Uniknya lagi membuat corat-coret lalu mewarnainya juga bagian dari creative journalling. Hal yang baru bagi saya, selama ini sudah tahu kalau writing for self healing. Namun corat-coret lalu mengisinya dengan warna, aihh menarik sekali. 

Saya jadi belajar lagi tentang cara mengelola emosi. Pantaslah emosi pun ada level-level kecerdasannya seperti IQ ya. Sehingga tak sedikit orang mendalami soal pengelolaan emosi ini. 

Buna menyampaikannya dengan cara yang riang gembira hingga tak sadar sudah sampai ke penghujung tayangan Youtube yang saya saksikan.

Jadi intinya baik dari nacre 1, 2, dan 3, peserta diajak untuk mengenali pikiran dan perasaan, menyeleksi pikiran negatif dan positif, mengelolanya dengan membuatnya menjadi tabel-tabel dan journalling.

Berikut creative journalling dan expressive writing yang saya isikan di template yang dibagikan Buna di WAG Persik. Saya membuatnya dengan sebelah tangan sebab tangan yang satunya sedang diinfus.

Nacre 3
Jurnal Kreatif

Besar harapan saya bisa menuliskan lebih banyak lagi creative journal dan expressive writing ini. Namun apa daya sepertinya saya tidak bisa berlama-lama on screen saat lagi opname begini. Mudah-mudahan saya lancar menuliskan jurnal-jurnal lainnya untuk kesembuhan diri.

Terima kasih ilmunya, Buna. Terima kasih atas kelasnya, Persik, Mindfulness Journey.

Salam semangat!

#mindfulnessjourney
#PerSikIIP
#institutibuprofesional
#ibupembaharu
#darirumahuntukdunia
#ibuprofesionaluntukindonesia 
#BersinergiJadiInspirasi 
#IP4ID2023







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan

Yuk, Backup Data Penting Dengan Cloud Storage IndiHome

Backup data sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data yang dimiliki pengguna internet. Saat ini, banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan fitur backup data, termasuk IndiHome sebagai penyedia layanan internet di Indonesia. Baca ulasan selengkapnya di artikel ini. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Transfer Data Untuk bisa menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu: 1. Kecepatan Internet Koneksi internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran transfer data ke dan dari ruang penyimpanan berbasis cloud. Oleh karena itu, Anda harus memastikan memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menghindari masalah transfer data yang lambat. 2. Kapasitas Penyimpanan Perhatikan pula kapasitas penyimpanan yang tersedia di ruang penyimpanan berbasis cloud yang mau Anda gunakan. Jika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi kebutuhan , maka transfer data ke ruang penyimpanan tidak dapat dilakukan