Langsung ke konten utama

Botol Minum Teman Menulis Artikel Blog

Bekerja sebagai narablog membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi. Salah menuangkan isi pikiran membuat tulisan menjadi rangkaian kalimat semata tanpa makna. Tak ada manfaat yang bisa dipetik dari tulisan yang tidak fokus.

Untuk mendukung bloger tidak gagal fokus dalam menulis artikel blognya, solusinya adalah memperbanyak minum air putih. Selain untuk menjaga kesehatan, minum air putih memilih beragam manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

Manfaat Banyak Minum Air Putih

Penelitian tentang manfaat banyak minum air putih sudah dilakukan oleh para peneliti. Bahkan manusia hanya sanggup bertahan hidup 2-4 hari tanpa minum air, selanjutnya tubuhnya akan terancam dehidrasi parah, kulit menjadi keriput, berakibat pada hilangnya kesadaran dan akhirnya meninggal dunia.

Sementara jika tidak ada makanan manusia bisa bertahan satu minggu. Namun jika tidak mendapatkan makanan tetapi bisa minum saja, manusia mampu bertahan hidup hingga tiga bulan. Karena air berfungsi air berfungsi untuk mentransportasi mineral, vitamin, protein dan dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. 

Botol minum kesayangan / dokpri


Keseimbangan suhu tubuh sangat tergantung pada air, sebab air sebagai pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi, tulang dan otot.

Berikut manfaat banyak minum air putih dilansir dari situs web Yankes Kemenkes, 

  1. Menyehatkan tubuh, racun-racun luntur bersama air yang mengaliri tubuh.
  2. Melancarkan BAB, agar tidak kena sembelit harus banyak minum air putih.
  3. Mencegah peningkatan berat badan, otak dapat salah mengirim pesan, maka utamakan minum dulu baru mencari makanan untuk dikonsumsi.
  4. Mencegah dehidrasi, kulit tubuh menjadi lembap dan halus jika banyak minum air putih.
  5. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh, kaitannya dengan menyehatkan tubuh.
  6. Meningkatkan konsentrasi, sangat dibutuhkan bagi profesi bloger dan dosen yang pekerjaannya menulis setiap harinya.


Botol Minum Teman Saya Menulis Artikel Blog

Mendukung kecukupan minum air putih bagi tubuh, saya membiasakan diri membawa ke mana-mana botol air minum kesayangan. Gambarnya bisa dilihat di artikel bagian atas. Sebagai seorang bloger, dosen, istri, dan ibu dari empat anak, asupan air putih minimal 2 liter sehari mutlak dibutuhkan.

Untuk mengecek tingkat kecukupan air putih per hari, saat BAK tinggal melihat saja warna urine. Semakin jernih maka kebutuhan air putih dalam tubuh dapat dikatakan cukup.

Botol air minum saya terbuat dari kaca, cenderamata reuni XX alumni Fakultas Hukum UGM angkatan 99. Mungkin spesial karena bersamanya ada sekeping kenangan bersama teman-teman sekelas dulu saat kuliah S1.

Botol minum dari kaca ini selalu menemani hari-hari saya ketika bekerja di depan laptop. Terutama saat masa-masa pandemi Covid-19 lalu, sehari ada pertemuan daring 2-3 kali. Rasanya ada yang kurang jika beraktivitas tanpa stok air putih di samping laptop, di atas meja kerja saya. 

Kalau mengalami writer's block saya memperbanyak minum air putih, Alhamdulillah inspirasi menulis muncul lagi, bagaikan banjir saking banyaknya. Makanya saya bersahabat baik dengan si botol kaca beserta isinya.

Kesimpulan

Botol minum teman menulis artikel blog saya adalah botol kaca cenderamata reuni teman-teman kuliah dulu di Jogja. Rasanya hari saya tidak lengkap tanpa si botol minum kesayangan ini. Menemani kegiatan ngeblog saya, maupun rapat dan seminar online, serta menulis artikel ilmiah.

Bagaimana dengan teman-teman? Ceritakan dong tentang botol minum teman ngeblog kamu sehari-harinya. Yuk, lebih rajin lagi minum air putih, sediakan botol minum favorit kamu di sekitarmu ya.

Salam sehat.


Referensi:

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/412/manfaat-air-putih-bagi-tubuh
https://mgt.unida.gontor.ac.id/pentingnya-konsumsi-air-putih-untuk-keseharian-kita/
Kanal Youtube MetroTV "Jangan sepelekan minum air putih"





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Pengalaman Jadi Pengawas SNBT 2023

Selasa, 9 Mei 2023 lalu adalah pengalaman pertama kali saya menjadi pengawas Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meski sudah menjadi dosen selama 18 tahun, kemungkinan pihak kampus mengatur giliran tugas pengawasan kepada tiap dosen.  Uniknya saya jadi pengawas di tahun putri sulung juga mengikuti SNBT di tahun ini pula. Jadilah ibu dan anak sama-sama ambil bagian di perhelatan terpenting tahun ini bagi siswa-siswi kelas XII tahun 2023.  Bedanya saya mengawas di Pusat UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) di Universitas Negeri Medan (Unimed). Sementara anak kami ujian di Pusat UTBK di Universitas Sumatera Utara (USU). Saya mengawas hari Selasa, sedangkan Rara ujian keesokan harinya yaitu Rabu, 10 Mei 2023 pada sesi siangnya. Bersyukur juga sih sama-sama dapat sesi siang, soalnya kalau pagi khawatir telat karena harus sampai di lokasi pukul 05.45 WIB atau satu jam sebelum jam mulai yaitu 06.45 WIB peserta memasuki ruang ujian. Perbedaan UTBK SBMPTN dengan SNBT Banyak kekeliruan menyebut

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan