Langsung ke konten utama

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia

Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet.

Telkom Indonesia
Teknologi fiber optik / Anonghost

Apa Itu Teknologi Fiber Optik

Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED.

Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi. Teknologi ini tidak terpengaruh oleh cuaca, sehingga banyak digunakan oleh industri. Selain itu, fiber optik juga bisa digunakan di rumah.

Keren ya teknologi fiber optik ini, memang sangat dibutuhkan kehadirannya untuk mendukung akses internet berkecepatan tinggi seperti yang dimiliki IndiHome penyedia layanan internet yang cepat dan stabil. Jadi penasaran gimana sih cara kerja teknologi fiber optik ini.

Cara Kerja Teknologi Fiber Optik

Fiber optik menggunakan aliran cahaya untuk menyebarluaskan data. Hal ini berbeda dengan kabel biasa yang menggunakan arus listrik. Aliran cahaya yang digunakan tersebut adalah hasil konversi dari aliran listrik, jadi tidak akan terganggu oleh gangguan elektromagnetik sama sekali. 

Selanjutnya, fiber optik memanfaatkan fiber kaca demi mendapatkan refleksi cahaya yang tinggi sehingga semua data bisa ditransmisikan dengan kecepatan optimal. Refleksi tersebut berasal dari cahaya yang berada pada serat kaca dengan sudut rendah.

Pada prosesnya, efisiensi fiber optik dipengaruhi oleh kemurnian bahannya, semakin murni gelasnya maka penyerapan cahaya juga semakin sedikit. Karena sedikit, maka pantulan/refleksi cahaya yang didapatkan akan tinggi, sehingga transmisi data juga akan berkecepatan tinggi.

Berikut cara kerja teknologi fiber optik, dapat dijelaskan sebagai berikut:

IndiHome dari Telkom Indonesia
Cara kerja teknologi fiber optik / MaxManroe

  1. Pengirim sinyal: Data dihasilkan oleh sumber pengirim, seperti komputer atau perangkat lain. Data ini diubah menjadi sinyal cahaya menggunakan pengubah sinyal.
  2. Pemancar: Sinyal cahaya kemudian dikirim melalui serat optik yang disebut kabel fiber optik. Kabel ini terdiri dari serat kaca atau serat plastik yang sangat tipis dan fleksibel.
  3. Penerima: Sinyal cahaya yang diterima oleh kabel fiber optik kemudian sampai ke penerima di ujung kabel.
  4. Penerima Sinyal: Penerima mengubah sinyal cahaya kembali menjadi data digital yang bisa dibaca oleh perangkat penerima seperti komputer atau telepon.
Dari cara kerjanya tentunya ingin mengetahui pula apa gunanya nih teknologi fiber optik untuk akses internet? 

Guna Teknologi Fiber Optik untuk Akses Internet

Teknologi fiber optik digunakan untuk akses internet karena kecepatan dan kapasitasnya yang tinggi. Setidaknya ada 4 (empat) kegunaan teknologi fiber optik ini untuk akses internet cepat seperti yang diperoleh ketika berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia.
  • Kecepatan: Teknologi fiber optik dapat mengirimkan data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Dalam beberapa kasus, kecepatan internet fiber optik dapat mencapai hingga beberapa gigabita per detik, yang jauh lebih cepat dari kecepatan internet kabel tembaga tradisional.
  • Kapasitas: Fiber optik memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada kabel tembaga, yang berarti dapat mengirimkan lebih banyak data dalam waktu yang sama. Hal ini memungkinkan pengguna internet fiber optik untuk melakukan streaming video dan audio berkualitas tinggi tanpa buffering atau gangguan.
  • Stabilitas: Fiber optik tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik atau kebisingan yang dapat memengaruhi sinyal internet di kabel tembaga. Ini berarti koneksi internet fiber optik lebih stabil dan dapat diandalkan.
  • Jarak: Fiber optik dapat mengirimkan sinyal internet hingga jarak yang lebih jauh tanpa kehilangan kualitas sinyal atau kecepatan internet. Hal ini memungkinkan penyedia layanan internet untuk menyediakan layanan internet berkualitas tinggi di daerah yang sulit dijangkau oleh kabel tembaga tradisional.
IndiHome dari Telkom Indonesia
IndiHome dengan teknologi fiber optik / indihome.co.id


Inilah alasannya mengapa teknologi fiber optik banyak digunakan untuk memberikan layanan internet super cepat dan berkualitas tinggi pada rumah-rumah, gedung-gedung perkantoran, dan area publik lainnya, sebagaimana yang diterapkan dalam IndiHome.

Gimana, mau kan akses internet yang cepat dan stabil dengan teknologi fiber optik? 

Salam semangat!

Referensi:

https://www.pricebook.co.id/article/review/13106/teknologi-fiber-optik-solusi-cepat-dan-efisien-untuk-menikmati-akses-internet
https://www.telkom.co.id/sites
https://www.indihome.co.id/







Komentar

  1. teknologi fiber optik bisa sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan akses internet cepat ya kak, apalagi dengan indihome yang sudah terluas jaringannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak,, melalui teknologi fiber optik IndiHome menyediakan internet yg cepat dan stabil

      Hapus
  2. Keren banget IndiHome dari Telkom Indonesia sudah mengadopsi teknologi jaringan fiber optik. Kecepatan internetnya makin ngebut. Jaringannya jg makin stabil. Mantap dah.

    BalasHapus
  3. Semoga teknologi semakin canggih hingga di masa depan nanti kendala seperti sinyal putus di musim hujan jadi tidak ada lagi.

    BalasHapus
  4. Memang internet sudah jadi kebutuhan primer di era digital ini ya, Kak. Koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi nilai plus bagi kebanyakan orang yang kehidupannya berkutat di dunia digital. Bersyukur IndiHome sudah menggunakan teknologi fiber optik ini, sehingga koneksi internetnya cukup stabil dan cepat pula, wuss wuss wuss.

    BalasHapus
  5. Dulu, saya serig mengeluh, Mbak. Itu kok depan rumah digali-gali mulu. Belum lama digali, digali lagi. Dan ternyata.. sekarang saya bisa menikmati internet kuat dan cepat karena teknologi Fiber Optik ini.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah bersyukur hidup di era teknologi seperti sekarang ini, Palagi sudah ada teknologi fiber optik yang menjadikan pengguna dapat mengakses internet lebih lancar tanpa hambatan

    BalasHapus
  7. Makanya Indihome cepet banget, super kenceng. Yah emang udah pake teknologi fiber optik sii. Semoga semakin bisa memperluas jaringan hingga pelosok negeri biar makin merata dan merasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  8. Beruntung kami bisa menikmati layanan internet dari IndiHome selama ini. Ternyata dengan didukung oleh teknologi fiber optik, koneksinya jadi cepat dan stabil ya. Semua aktvitas online jadi tambah lancar, deh!

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah pemasangan fiber optik juga sudah sampai ke daerah pelosok, jadi di kampung pun sekarang bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil dengan dukungan teknologi fiber optik ini

    BalasHapus
  10. Baiklah, nggak banyak ngeluh lagi kalo lagi ada gali-galian untuk pemasangan fiber optik. Hehe... Soalnya aku juga kan pemakai internet aktif.

    Btw, definisi tentang fiber optik itu kok membuatku teringat pada titian serambut dibelah tujuh :'(

    BalasHapus
  11. jadi ingat sekitaran tahun 2016 juga, kami cari lokasi untuk kantor dan sebisa mungkin di lokasi tersebut sudah ada layanan internet yang menggunakan fiber optik, secara kerjaan kami semua mengandalkan internet dan ada server juga yang harus on 24 jam/ 7hari seminggu karena data yang terhubung ke Home Office. Syukurnya jangkauan fiber optik dari IndiHome sudah masuk ke tempat yang kami tuju.

    BalasHapus
  12. Kalau IndiHome udah pakai fiber optik sih bakalan lebih menyenangkan lagi kalau kita mau berinteraksi dengan internet. Nggak perlu terganggu sama buffer kalau nonton video dan lain-lain ya. Mantap.

    BalasHapus
  13. Pasti puas banget ya kalau internetan pakai fiber optik karena kecepatannya maksimal banget

    BalasHapus
  14. Makin tau nih dengan teknologi fiber optik dan tentu banyak banget keunggulannya nih. Sekarang pasti perlu banget untuk internet yang punya kecepatan oke ya.

    BalasHapus
  15. Merasa beruntung ya negara kita menggunakan fiber optik untuk serat jaringan yang digunakan baik untuk komunikasi maupun internet. Sehingga hasilnya bisa lebih maksimal dengan harga terjangkau

    BalasHapus
  16. Teknologi fiber optik ini sangat membantu kita dalam mengakses internet ya mbak
    Internet jadi lebih cepat dan stabil

    BalasHapus
  17. Dengan adanya fiber optik bisa lebih stabil ya jaringan internet yang sampai ke kita. Ini nih manfaat yang bisa kita dapatkan. Asik banget bareng IndiHome

    BalasHapus
  18. Baru tahu nih keunggulan fiber optik ketimbang tembaga. Pantas ya, kalau pakai jaringan IndiHome dengan teknologi fiber optik, kalau nonton itu gak ngelag. Video jelas dan bening.

    Rupanya porses mengirim datanya cepat, meskipun bebarengan.

    BalasHapus
  19. Pantas saja, IndiHome koneksi internetnya selain cepat ternyata juga stabil, ternyata karena teknologi fiber optic. Ga salah deh kalau memilih dan mempercayakan internet cepat dan stabil ke IndiHome

    BalasHapus
  20. Oh ini alasannya kenapa jaringan IndiHome itu cepat banget dibandingkan provider lain.

    BalasHapus
  21. Teknologi sekarang semakin canggih, apalagi media untuk transfer data. Dr mulai tembaga sampai selarang telnologi fiber optik bener bener bikin koneksini ternet tetap stabil

    BalasHapus
  22. Teknologi fiber optik ini benar-benar membantu atau membuat internet semakin cepat ya sehingga banyak manfaatnya salah satunya adalah pekerjaan saya semakin cepat selesainya karena tidak ada istilah lagi buffering dan internet lelet

    BalasHapus
  23. noted mbaa.. fiber optic ini dlu kupikir ngga ngefek ke kecepataan internet ternyata ngefek banget yakk pantesan skrg jadi lbih okee

    BalasHapus
  24. Mau banget sih akses internet cepat dengan teknologi fiber optik ini. Kebayang ya pastinya berselancar di internet makin seru deh nggak perlu nunggu buat loading lama atau apapun itu.

    BalasHapus
  25. Pas awal-awal pasang internet saya juga gak paham kenapa suami ngotot banget harus pakai yang fiber optik, ternyata koneksinya memang lebih cepet dan dari segi keamanan lebih terjamin. Sekarang berkat ada IndiHome teknologi fiber optik sudah menjangkau berbagai wilayah.

    BalasHapus
  26. Berkat teknologi fiber optik sekarang kita semua bisa merasakan cepatnya akses internet

    BalasHapus
  27. Baca artikel ini saya jadi ingat dengan materi saat kuliah dulu tentang jaringan komputer, wah ternyata teknologi ini sudah dipakai di IndiHome yaa, pantesan jaringannya stabil

    BalasHapus
  28. Semenjak ganti pakai IndiHome yg fiber optik, jaringan internet di rumah jd lebih cepat dan lancar.

    BalasHapus
  29. layanan internet fiber optik emang bikin jaringan internet sat set sih ya, penting banget apalagi klo emang kerjanya ga bisa lepas dari akses internet, lemot dikit ga bisa kerja huhu

    BalasHapus
  30. saya kurang tahu nih teknologi apa yang digunakan oleh provider internet yang saya gunakan, tapi jaringannya sering ilang atau kalaupun ada lambat banget. pernah sampai mati 3 hari, katanya ganti saluran terus mau pindah mitra. saya curiganya sih sih provider ini gak pake teknologi fiber optik. auto pindah provider dong saya ke yang menggunakan FO

    BalasHapus
  31. kehadiran fiber optik ini membantu banget internet jadi lebih cepat dan stabil. alhamdulillah ya jadi meminimalisir keluhan seperti sebelumnya

    BalasHapus
  32. Salut banget dengan teknologi fiber optik di masa digital ini.
    Karena dengan teknologinya yang saat ini ada, kita semua bisa menikmati semua pelayanan internet lancar, keamanan data bahkan ketersediaan internet sampai ke pelosok.

    BalasHapus
  33. Karna website ini jadi tau apa itu teknologi fiber optik cara kerjanya dan kegunaan nya,
    Keren banget teknologi fiber optik saat ini 👍🏻

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, karena komentar Anda menjadi jejak digital di dunia maya

Postingan populer dari blog ini

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan

Yuk, Backup Data Penting Dengan Cloud Storage IndiHome

Backup data sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data yang dimiliki pengguna internet. Saat ini, banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan fitur backup data, termasuk IndiHome sebagai penyedia layanan internet di Indonesia. Baca ulasan selengkapnya di artikel ini. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Transfer Data Untuk bisa menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu: 1. Kecepatan Internet Koneksi internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran transfer data ke dan dari ruang penyimpanan berbasis cloud. Oleh karena itu, Anda harus memastikan memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menghindari masalah transfer data yang lambat. 2. Kapasitas Penyimpanan Perhatikan pula kapasitas penyimpanan yang tersedia di ruang penyimpanan berbasis cloud yang mau Anda gunakan. Jika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi kebutuhan , maka transfer data ke ruang penyimpanan tidak dapat dilakukan