Langsung ke konten utama

Situs Teknologi Pendukung Berbagai Aktivitas Online Di Kantor

"Bu, form online yang untuk pemilihan bagian sudah dibuat belum ya?" tanya rekan satu tim.
"Oh, nanti siang insyaallah sudah ada tautannya, akan saya bagikan di grup Kabag", jawab saya.
"Trus, rencana video konferensi dengan lembaga A, sudah fix kan ya?" tanya rekan yang lain lagi.
"Jam 13.30 WIB kita akan menggelar meeting dengan mereka, Pak" jawab yang lain pula
"Sip, ayo kita tuntaskan to-do-list hari ini ya, semangat semuanya!" pimpinan memotivasi.
"Siap, Pak!" Bismillah... dengan etos kerja yang baik dan lingkungan positif semua dapat diselesaikan sebaik-baiknya. Namun sebenarnya ada pendukung berbagai aktivitas online di kantor, apakah itu?

Situs Teknologi Pendukung Berbagai Aktivitas Online di Kantor


Pulang ke rumah bukan berarti tidak terhubung sama sekali dengan aktivitas kantor. Setelah melepas lelah sejenak dan menangani urusan rumah, biasanya pekerjaan kantor akan dilihat kembali. Sebab tak semua aktivitas online dapat terselesaikan di kantor, sebagiannya dibawa pulang ke rumah. Guna menjaga produktivitas kerja. Didukung dengan internet yang cepat dan stabil.

Kalau saya pribadi memang lebih nyaman mengerjakannya di kediaman sendiri. Mengingat masih punya anak balita yang jika saya mengambil lembur sampai sore atau malam, kasihan dia akan mencari-cari keberadaan ibunya. Maka pilihan mengerjakan porsi tugas saya di rumah menjadi pilihan terbaik. Apalagi ada situs teknologi pendukung berbagai aktivitas online di kantor. 

Mungkin ada sebagian orang yang keras berpendapat, bahwa kerjaan kantor ya dilakukan di kantor sementara pulang ke rumah harus steril dari aktivitas online yang berhubungan dengan kantor. Terserah saja, tiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Ingin bekerja efisien atau yang inefisien.

Namun sangat disayangkan jika seharusnya bisa menyetorkan kerjaan, malah digunakan untuk bermain game online atau media sosial, kan lebih baik menuntaskan kerjaan kantor yang tertunda. Agar keesokannya lebih siap mengerjakan yang lainnya lagi, bekerja produktif.

Hanya saja perlu diatur waktunya, asalkan tidak bikin begadang sehingga tubuh kurang fit, menyiapkan kerjaan kantor yang dibawa pulang ke rumah layak dilakukan. Di sinilah butuh manajemen waktu yang cerdas agar waktu untuk keluarga, waktu untuk beribadah, makan, minum, dan beristirahat tetap dapat dilakukan dengan proporsional, efisiensi kerja.

provider internet IndiHome
Diolah dengan Canva

Aktivitas Online Membutuhkan Dukungan Internet Cepat dan Stabil


Aktivitas online apa saja yang membutuhkan dukungan internet cepat dan stabil? Kalau saya jawab, semua aktivitas online. Ada beberapa yang hampir setiap hari dilakukan demi menyelesaikan pekerjaan di hari itu juga.

  1. Berbalas email

Mengirimkan file dokumen yang berkapasitas besar, saya lebih memilih menggunakan email, selain bisa diterima dengan utuh, dokumen dan gambar-gambar penting yang dikirimkan via email dapat tersimpan dengan baik.

Rasanya nyesek banget saat butuh dokumen yang sudah dengan deadline harus dikerjakan, eh pas diklik keterangan yang muncul adalah "Maaf, file media ini tidak dapat ditemukan, silakan hubungi pemilik file ini untuk mengirimkannya kembali."

Hiks, mana mengerjakannya sudah tengah malam, mustahil menghubungi rekan kerja yang punya file hanya karena keteledoran kita tak langsung mengunduh file saat dibagikan. Maka dari itu saya berinisiatif untuk dokumen penting agar menyampaikannya melalui email saja. 

2. Menggunakan aplikasi Video Konferensi

Tak hanya di masa pandemi lalu, sekarang pun minimal 1-2 kali dalam seminggu, kami pasti ada menggunakan aplikasi video konferensi. Baik untuk sosialisasi antarlembaga, sosialisasi buku panduan penelitian dan pengabdian masyarakat, maupun sosialisasi skim Merdeka Belajar Kampus Merdeka, misalnya Praktisi Mengajar.

Terkadang sesampainya di rumah langsung buka laptop lagi karena jam sudah menunjukkan harus bergabung ke aplikasi video konferensi seperti, Zoom Conference dan Google Meet. Di rumah gak kebayang kalau harus menggunakan kartu paket untuk join di aplikasi video konferensi, bakal kehabisan terus. Untunglah ada IndiHome dari Telkom Indonesia yang menyediakan jaringan internet cepat sehingga pertemuan online yang saya ikuti dapat terlaksana dengan lancar.

3. Transfer File

"Ibu, surat keterangan mengajar semester lalu apakah sudah diterima?" pesan singkat Pak KTU menghampiri nomor saya. 
"Owh, sudah Pak, terima kasih ya" balas saya segera.

Alhamdulillah sudah ada suket mengajar, yang artinya sudah tiba waktunya melengkapi berkas BKD (Beban Kinerja Dosen) semester ganjil lalu. Nah, transfer file seperti ini amat penting karena jika file tidak sampai, alamat saya harus mendatangi langsung KTU-nya, minta dicetakkan dan saya pindai sendiri, cukup menyita waktu ketimbang terima file-nya saja.

4. Koordinasi di aplikasi obrolan

Sejak tahun 2016-2017 kalau saya tidak salah ingat, mulai menjamur pembentukan grup-grup berdasarkan bidang pekerjaan di kantor. Sangat memudahkan dan efisiensi kerja dalam menyebarluaskan informasi dari pimpinan ke lini di bawahnya.

Rasanya semua orang bangun tidur sudah langsung membuka aplikasi obrolan yang lazim dipakai sekarang ini. Contohnya aplikasi obrolan WhatsApp. Tak hanya merekatkan orang-orang yang sulit bertemu, untuk koordinasi pekerjaan dan tanggung jawab, sejauh ini adanya WhatsApp ini sangat berjasa bagi bekerja produktif.

 5. Melengkapi instrumen pengajaran

Learning Management System (LMS) yang kami gunakan adalah aplikasi Moodle. Setiap hari wajib dibuka, baik untuk melengkapi instrumen pengajaran maupun melihat respon mahasiswa dan memberikan umpan baliknya.

Penilaian tugas dan ujian juga diberikan di e-learning. Saat masuk waktunya menilai, tentu internet cepat dan stabil mutlak diperlukan, agar skor yang diberikan dapat dilihat dengan baik oleh peserta didik. Terima kasih, Telkom Indonesia.

Kesimpulan

Situs teknologi Pricebook, situs pendukung berbagai aktivitas online di kantor sangat dibutuhkan agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Dalam hal berbalas email, menggunakan aplikasi video conference, transfer file, koordinasi via grup WhatsApp, serta mengisi dan melengkapi e-elearning, semua aktivitas online lancar karena ada provider internet IndiHome.

Salam bekerja produktif





Komentar

  1. Aduh ketampol nih saya. Kadang di rumah menyempatkan buka laptop, nengok kerjaan kantor yang belum selesai. Tapi terus keasyikan scroll media sosial ataupun main game. Akhirnya sampai laptop di tutup, kerjaan kantornya tetap belum selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak Mbak Nanik sendiri deh, banyak temennya kok kl gitu hihi

      Hapus
  2. Meeting online itu kalau internetnya ga kenceng n stabil nightmare banget mbak, kadang kita ngomong g sampe or sana ngomong suara g denger. Better nya pake koneksi fiber dari IndiHome sih lebih nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas, geregetan banget omongan penting malah gak kedengaran, wkwk

      Hapus
  3. Huaaa kalau aku gak bisa bawa kerjaan ke rumah auto meleyot ketemu kasur 😂 keren Bu bisa fleksibel kerja dimana aja, hehe.

    Wah kalau zoom itu udah makan internet banget. Untungnya ada IndiHome yaa memudahkan pekerjaan kita banget. Apalagi sekarang jamannya digital, semua serba harus menggunakan internet. Kalau internet lemot beberapa detik aja keselnya minta ampun dan udah pasti chaos banget kerjaan huhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, tetapi saya jg gak ngoyo kok,, kl tubuh udah lelah, mata udah ngantuk, ya langsung tdr aja hehe

      Hapus
  4. Untung kerjaan saya di kantor nggak berhubungan dengan komputerisasi, jadi sampe rumah ya paling cuma cek info update aja di group. Soalnya di rumah memang harus steril dari urusan kantor, kecuali ada urusan yang urgent! Nice post 👍👍

    BalasHapus
  5. Yang namanya tanggung jawab, memang akan selalu melekat. Makanya, kalau tidak selesai di kantor, akan dibawa ke rumah juga. Dan, pastinya harus sudah selesai tepat waktu atau sesuai deadline. Sukses ya untuk para pejuang bagi keluarganya!

    BalasHapus
  6. Masyaallah. Baca tulisan ini auto selangkah lebih dekat dengan dunia dosen, nih, Kak. Jadi, agak kebayang keruwetan plus keseruan di dunia itu. Jika didukung kehadiran internet cepat dan stabil jadi memudahkan sekali, ya, Kak.

    BalasHapus
  7. Semoga para pejuang dunia pendidikan selalu diberikan keberkahan karena sudah menjadi motor transfer ilmu.

    BalasHapus
  8. Salut sama mbak Mia, padat banget pastinya ya kesehariannya. Aku masih keteteran ngatur waktu, noted situs teknologi pendukungnya kak, semoga bisa lebih memudahkan aktivitas

    BalasHapus
  9. Internet yang cepat dan stabil memang dibutuhkan ya untuk aktivitas online, termasuk dalam hal pekerjaan, yang terkadang masih perlu dikoordinasikan walau sudah berada di rumah. Untung aja ada indiHome ya, jadi terbantu dan mudah, karena akses internet lancar dan cepat

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, karena komentar Anda menjadi jejak digital di dunia maya

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan

Yuk, Backup Data Penting Dengan Cloud Storage IndiHome

Backup data sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data yang dimiliki pengguna internet. Saat ini, banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan fitur backup data, termasuk IndiHome sebagai penyedia layanan internet di Indonesia. Baca ulasan selengkapnya di artikel ini. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Transfer Data Untuk bisa menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu: 1. Kecepatan Internet Koneksi internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran transfer data ke dan dari ruang penyimpanan berbasis cloud. Oleh karena itu, Anda harus memastikan memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menghindari masalah transfer data yang lambat. 2. Kapasitas Penyimpanan Perhatikan pula kapasitas penyimpanan yang tersedia di ruang penyimpanan berbasis cloud yang mau Anda gunakan. Jika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi kebutuhan , maka transfer data ke ruang penyimpanan tidak dapat dilakukan