Langsung ke konten utama

Pengalaman Itikaf Pada Akhir Bulan Ramadan

Ramadan telah berlalu, menyisakan kesan yang mendalam bagi seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia, tak terkecuali keluarga kami. Meski saat ini sudah berada di bulan Syawal, bulan peningkatan, telah "dicuci" selama satu bulan penuh di bulan suci, namun sepertinya belum sepenuhnya move on dari Ramadan karim.

Pengalaman Itikaf Saat Masih Kuliah

Dulu waktu saya masih semester akhir sedang menulis skripsi, libur lebaran yang nanggung membuat saya memutuskan tidak mudik ke kota asal. Rasanya sesuatu banget di saat teman-teman pada sibuk dengan urusan pesan tiket pesawat, bus, KA, mobil travel, atau kapal laut, saya dan seorang teman satu asrama malah mendaftarkan diri ke program itikaf akhwat di salah satu masjid di kota Jogja.

itikaf
Sumber gambar masjid: Unsplash @david_r


Sudah duapuluh tahun berlalu seolah saya masih merasakan suasana penuh khidmat di sana. Ada rundown yang jelas selama sepuluh hari terakhir. Menu sahur dan buka puasa diatur sedemikian rupa sehingga kami para peserta menikmatinya dengan bergembira.

Kebersamaan dengan panitia yang helpful, salut karena mereka bertahan juga sampai malam 29 Ramadan. Artinya kalaupun pulang ke rumah orang tua, pastilah sudah mepet banget dengan malam takbiran. Kemungkinan juga mereka tidak mudik.

Acara pada Program Itikaf Akhowat

Program itikaf ini dilaksanakan untuk ikhwan dan akhowat, namun untuk ikhwan lokasi masjidnya berbeda dengan masjid yang digunakan untuk akhwat. 

Itikaf sendiri berarti berdiam diri beberapa waktu di dalam masjid sebagai suatu ibadah dengan syarat-syarat tertentu. Berdiam diri ini dilaksanakan dengan menjauhkan pikiran dari keduniaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tentunya lebih leluasa jika satu area masjid seluruhnya diakses oleh kaum hawa saja, tidak ber-ikhtilat antara laki-laki dan perempuan. Adapun program itikaf akhwat sebagai berikut:

1. Shalat malam berjamaah

Pukul 03.00 WIB kakak-kakak panitia membangunkan para peserta, Kami bergegas berwudu, lalu merapatkan barisan shalat di belakang imam, pada waktu itu imam shalatnya juga perempuan, pada esok malamnya ada juga ustaz yang menjadi imam.

Shalat tahajjud yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh, fokus, dan suasana yang kondusif, rasanya hati saya mudah sekali tersentuh, tak terasa air mata mengalir di pipi, isak tangis peserta satu per satu terdengar. Menikmati indahnya shalat malam di malam ganjil pada akhir Ramadan.

2. Shalat subuh dilanjutkan dengan ceramah 

Shalat sunnah fajr dua rakaat sebelum subuh, setelahnya peserta menyimak kajian yang disampaikan oleh ustaz atau ustazah dengan topik-topik permasalahan agama yang sudah disusun sedemikian rupa oleh panitia.

Senang sekali setiap hari menambah ilmu dan pengetahuan agama. Hati jadi adem, pikiran pun tenang.Topik-topik yang dibawakan narasumber juga terkait banget dengan kehidupan sehari-hari para akhwat, misalnya tentang bahaya lidah. Sangat penting untuk diamalkan karena perempuan cenderung suka sekali bergunjing. Na'udzubillahui min dzalik.

2. Tadarrus dan tadabbur Al Quran

Setelah kajian peserta dipersilakan melakukan kegiatan pribadi seperti mandi, dan bersih-bersih lainnya, agar ketika kembali masuk ke dalam masjid sudah lebih segar dan siap memasang niat itikaf lagi dan menjalankannya dengan mindful.

Di dalam masjid masing-masing peserta dipersilakan untuk tadarus. Sementara tadabbur atau merenungi ayat-ayat suci dilaksanakan bersamaan dengan tadarus Al-Qur'an.

3. Kajian Dhuha

Kajian dhuha ini dilaksanakan setelah selesai tadarus dan tadabbur ayat. Yang mengisi adalah para ustazah dengan tema-tema yang menarik dan menghilangkan kantuk. Pernah saking menghayatinya tak terasa linangan air mata pun menetes di pipi. Benar-bernar rindu dengan suasana merasakan manisnya iman.

Kesimpulan

Pengalaman i'tikaf pada akhir bulan Ramadan sangat berharga bagi saya. Menjadi suatu kenangan manis yang indah untuk diceritakan ke anak-anak. Terutama anak yang insyaallah akan kuliah di luar kota. Seandainya nanti ia tak sempat pulang ke rumah saat bulan Ramadan entah karena suatu hal. Semoga ia bertemu dengan teman-teman baik yang mengajaknya i'tikaf di masjid. Aamiin yra.

Salam menggapai cita-cita.





Komentar

  1. selamat hari raya Idul Fitri ya kak, mohon maaf lahir dan batin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari raya Idulfitri juga ya Mbak, terima kasih telah rajin bersilaturahmi mengunjungi blog saya. Semoga sehat selalu ya.

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, karena komentar Anda menjadi jejak digital di dunia maya

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Pengalaman Jadi Pengawas SNBT 2023

Selasa, 9 Mei 2023 lalu adalah pengalaman pertama kali saya menjadi pengawas Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Meski sudah menjadi dosen selama 18 tahun, kemungkinan pihak kampus mengatur giliran tugas pengawasan kepada tiap dosen.  Uniknya saya jadi pengawas di tahun putri sulung juga mengikuti SNBT di tahun ini pula. Jadilah ibu dan anak sama-sama ambil bagian di perhelatan terpenting tahun ini bagi siswa-siswi kelas XII tahun 2023.  Bedanya saya mengawas di Pusat UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) di Universitas Negeri Medan (Unimed). Sementara anak kami ujian di Pusat UTBK di Universitas Sumatera Utara (USU). Saya mengawas hari Selasa, sedangkan Rara ujian keesokan harinya yaitu Rabu, 10 Mei 2023 pada sesi siangnya. Bersyukur juga sih sama-sama dapat sesi siang, soalnya kalau pagi khawatir telat karena harus sampai di lokasi pukul 05.45 WIB atau satu jam sebelum jam mulai yaitu 06.45 WIB peserta memasuki ruang ujian. Perbedaan UTBK SBMPTN dengan SNBT Banyak kekeliruan menyebut

Yuk, Backup Data Penting Dengan Cloud Storage IndiHome

Backup data sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data yang dimiliki pengguna internet. Saat ini, banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan fitur backup data, termasuk IndiHome sebagai penyedia layanan internet di Indonesia. Baca ulasan selengkapnya di artikel ini. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Transfer Data Untuk bisa menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu: 1. Kecepatan Internet Koneksi internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran transfer data ke dan dari ruang penyimpanan berbasis cloud. Oleh karena itu, Anda harus memastikan memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menghindari masalah transfer data yang lambat. 2. Kapasitas Penyimpanan Perhatikan pula kapasitas penyimpanan yang tersedia di ruang penyimpanan berbasis cloud yang mau Anda gunakan. Jika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi kebutuhan , maka transfer data ke ruang penyimpanan tidak dapat dilakukan