Langsung ke konten utama

Belajar Mendeteksi Respon Eror Diri

Alhamdulillah bersyukur sekali terpilih mengikuti PerSik (Perkuliahan Singkat) yang diselenggarakan Institut Ibu Profesional berkolaborasi dengan Ibu Pembaharu, dengan Tim Intan (Inovasi dan Kemitraan) sebagai panitianya.


perkuliahan singkat
Sumber gambar: WAG PerSik


Deteksi Respon Eror

Materi PerSik perdana dibawakan oleh Mba Michele Ronida, sahabat yang tak asing lagi, yaitu tetangga saya di Co House Gerha Aksara, perkuliahan Bunda Produktif batch 1, tahun 2020 lalu. 

Bersama tim Gerha Aksara lainnya, termasuk Teh Iyie (yang jadi peserta juga di PerSik), kami telah menerbitkan buku Happy Writing Book. Alhamdulillah.

Kebetulan saat dilangsungkannya Zoom perdana yaitu pada Selasa, 21 Maret 2023 pukul 09.30 sd 11.00 WIB, saya tengah berada di Hotel Le Polonia, Medan. 

Ditugaskan melakukan pengawasan terhadap kegiatan workshop tindak lanjut pengisian borang akreditasi kampus. Ya, saya sebagai salah seorang anggota SPI (Satuan Pengawas Internal) LLDIKTI Wilayah I Sumut, waktu itu.

mindfulness journey
Diolah sendiri dengan Canva


Maka dengan berat hati saya merelakan waktu saya terbagi. Padahal inginnya sih mindful ya mengikuti perkuliahan PerSik ini, apalagi tema kuliahnya Mindfulness Journey. 

Sayang sekali saya tidak bisa berinteraksi dengan moderator, Mak Ika Pratidina, dan narasumber Mba Michele Ronida. Yang bisa saya lakukan hanyalah menyimak. Tetapi saya bersyukur, bisa turut merasakan semangatnya teman-teman sesama peserta.

Dari tabel di atas, selama lima hari yang dominan saya rasakan adalah lelah dan kesal. Dengan pemicu banyaknya beban kerja dan kurangnya komunikasi dengan hati ke anak-anak yang lebih tua. 

Adapun respon level up saya biasanya berusaha menemukan bright side dari segala yang dirasakan. Saya takut sekali terjebak menjadi hamba yang tidak bersyukur.

Bahkan kesibukan yang saya alami saya anggap sebagai anugerah dari Allah SWT. Mungkin tak semua orang sesibuk saya seperti saat ini. Namun demikian saya tetap berusaha mencari pertolongan untuk diri sendiri. 

Selain mengadu pada Allah, curhat pada suami, berbagi dengan anak-anak, membaca referensi terkait dengan yang saya alami, dan mengikuti PerSik ini adalah bagian dari upaya saya lebih meningkatkan self love.

Kesimpulan

Belajar mendeteksi respon eror diri ini saya lakukan dengan memberikan jeda dulu dari semua aktivitas, memejamkan mata dan mengambil nafas untuk merasakan respon eror. 

Tampak sepele tetapi gara-gara respon eror tidak disadari, tidak diperlakukan sebagaimanamestinya, potensinya dapat merusak dan akhirnya bisa menyakiti diri sendiri dan orang-orang tercinta di sekitar saya.

Berdasarkan tabel di atas dapat dilihat bagaimana respon eror dapat berpengaruh pada keluhan fisik. 

Rasa lelah luar biasa yang setiap hari saya rasakan ketika mau tidur dipicu oleh penyebab utama beban pekerjaan yang memang banyak, mengurus si balita dan komunikasi dengan kakak-kakaknya terkadang kurang produktif dan tidak pakai hati. 

Padahal sejatinya bersama mereka itu kami biasanya mampu menjadi tim yang solid dan kompak.

Demikian jurnal pertama saya di PerSik, semoga saya dapat ikut berinteraksi secara aktif setiap Rabu di WAG kuliahnya. Sampai jumpa lagi di jurnal berikutnya. Terima kasih telah membaca.

Salam semangat!

#mindfulnessjourney
#PerSikIIP
#institutibuprofesional
#ibupembaharu
#darirumahuntukdunia
#ibuprofesionaluntukindonesia 
#BersinergiJadiInspirasi 
#IP4ID2023












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan Apa Itu Teknologi Fiber Optik Cara Kerjanya Dan Gunanya Untuk Akses Internet

Sekitar tahun 2016-2017 lalu saat berangkat ke kampus untuk bekerja, rute jalan yang biasa dilewati berubah. Setelah dicari tahu ternyata ada galian pemasangan fiber optik di sejumlah titik di kota kami dari Telkom Indonesia .  Sebagai warga kota yang baik tentunya saya mendukung kegiatan ini. Mengingat kebutuhan terhadap teknologi fiber optik untuk memperlancar aktivitas komunikasi dan pekerjaan sehari-hari yang berhubungan dengan internet. Teknologi fiber optik / Anonghost Apa Itu Teknologi Fiber Optik Apa itu fiber optik? Fiber optik atau serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Dikutip dari media teknologi Pricebook, fiber optik (serat optik) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk menikmati layanan internet berkece

Meningkatkan Literasi Perempuan Melalui Akses Internet

Pada era digital ini, akses internet memang sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di dunia termasuk Indonesia. Namun faktanya masih ada beberapa kelompok masyarakat yang kesulitan mengakses internet. Salah satunya adalah perempuan. Padahal, literasi perempuan yang baik dan terus berkembang sangat penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas dan inovatif. Pentingnya Literasi Perempuan di Era Digital Literasi perempuan dapat membuat mereka lebih mandiri dan berdaya saing dalam hal pekerjaan, bisnis, dan kehidupan sosial. Dengan literasi yang cukup, perempuan juga dapat lebih mudah mengakses informasi serta berpartisipasi aktif dalam aktivitas sosial kemasyarakatan. Namun sayangnya, tidak semua perempuan memiliki akses yang sama terhadap literasi, terlebih lagi di era digital seperti saat ini. Masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca atau menulis, sehingga sulit untuk memahami informasi atau bahkan mencari pekerjaan yang cocok. Kondisi ini sangat disayan

Yuk, Backup Data Penting Dengan Cloud Storage IndiHome

Backup data sangat penting untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data yang dimiliki pengguna internet. Saat ini, banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan fitur backup data, termasuk IndiHome sebagai penyedia layanan internet di Indonesia. Baca ulasan selengkapnya di artikel ini. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Transfer Data Untuk bisa menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, yaitu: 1. Kecepatan Internet Koneksi internet yang lambat dapat mempengaruhi kelancaran transfer data ke dan dari ruang penyimpanan berbasis cloud. Oleh karena itu, Anda harus memastikan memiliki koneksi internet yang cukup cepat untuk menghindari masalah transfer data yang lambat. 2. Kapasitas Penyimpanan Perhatikan pula kapasitas penyimpanan yang tersedia di ruang penyimpanan berbasis cloud yang mau Anda gunakan. Jika kapasitas penyimpanan tidak mencukupi kebutuhan , maka transfer data ke ruang penyimpanan tidak dapat dilakukan